Lompat ke isi utama

Berita

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI PANWASLU DESA PADA PEMILIHAN TAHUN 2024

pelantikan pkd

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan melalui Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan telah melantik 54 Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa dilaksanakan secara serentak di 4 titik kecamatan, Minggu (2/6/24).

 

Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Bawaslu Kota Tangerang Selatan tentang Penetapan Anggota Panitia Pengawas Kelurahan/Desa se-Kota Tangerang Selatan. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Perwakilan Ketua Panwascam, pengambilan sumpah, ikrar Anggota Panwas kelurahan/desa, serta penandatanganan berita acara sumpah janji jabatan Anggota Panwas kelurahan/desa.

 

Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dalam melakukan pengawasan mempunyai tugas dan wewenang yakni ; mengawasi persiapan pemungutan dan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara, menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran kesalahan dan atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut, menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara, dan melaksanakan tugas serta wewenang lainnya yang diberikan oleh Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan.